Pertemuan Ke-4 Kelas Sekolah Pasar Kranggan Periode II

Selasa, 30 Oktober 2012 dengan materi Praktikum Pengelolaan Keuangan dan Barang Dagangan dipandu oleh Mas Luthfirahman, SE.

Tema tentang pengelolaan barang dagangan pada kesempatan ini disharingkan mengenai pentingnya pencatatan transaksi dan sediaan barang dagangan. Pencatatan merupakan hal yang sering kali diabaikan oleh pedagang pasar, padahal menurut pemateri yang merupakan mahasiswa Profesi Akuntansi UGM ini, pencatatan memiliki sejumlah manfaat yakni pedagang mengetahui jumlah keuntungan/kerugiannya, dapat mengendalikan pendapatan dan pengeluarannya, serta mengetahui mengenai pengelolaan kualitas dan kuantitas barang yang dijual.

Pencatatan tidak harus rumit dan membingungkan, mungkin hal inilah yang membuat pencatatan jarang dilakukan oleh pedagang. Mas Prem membagikan cara dan proses pengerjaan yang mudah bagi pedagang yaitu pencatatan harian untuk mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan perharinya, merekap catatan harian untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran serta untung/rugi secara berkala dan juga mencatatan stok barang untuk memudahkan pedagang mengetahui barang mana yang memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan.

Kelas yang diampu oleh sarjana ekonomi UGM ini mendapat sambutan yang baik dari pedagang.