Pembukaan Sekolah Pasar Cokrokembang, Klaten

Hari dan tanggal : 5 September 2012
Materi : Pengenalan Sekolah Pasar dan Kontrak Belajar
Pemateri: : Drs. Puthut Indroyono
(Koordinator Divisi Dana Usaha Sekolah Pasar dan Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM)
Proses :

Pembukaan Sekolah Pasar Cokrokembang, Klaten, berjalan lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh para pedagang. Selain menghadirkan para pedagang, pembukaan sekolah pasar ini juga dihadiri oleh Bapak Anwar dari Kementerian Perdagangan, Bapak Antonius Suhirman selaku lurah pasar, Bapak Awan Santosa selaku Direktur Sekolah Pasar, dan para pengurus Sekolah Pasar.

Acara pembukaan dimulai dengan peresmian Sekolah Pasar Cokrokembang oleh bapak Anwar, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari bapak Awan Santosa, dan pengenalan para personil pengurus Sekolah Pasar. Acara dilanjutkan dengan pengenalan para pedagang yang mengikuti Sekolah Pasar dan pengungkapan harapan para pedagang dalam mengikuti Sekolah Pasar. Mayoritas pedagang antusias menyambut adanya sekolah pasar di Pasar Cokro Kembang ini. Mereka berharap usaha mereka semakin maju dan barang dagangan mereka semankin laris.

Topik inti yang dibahas pada pembukaan sekolah pasar tersebut adalah pengenalan tentang sekolah pasar yang disampaikan oleh Bapak Puthut Indroyono. Penyampaiaan topik dilakukan dengan komunikasi dua arah dengan menerima pertanyaan-pertanyaan para pedagang. Terlihat Pak Mulyono dan Muhson (Los Pedagang Klithikan) serta Pak Sulistiyo (Los Pedagang Kelontong) mempunyai rasa ingin tau yang tinggi terhadap sekolah pasar. Mereka bertanya tentang kontribusi sekolah pasar di pasar-pasar sebelumnya. Pada kesempatan tersebut Pak Puthut juga menyampaikan kontrak belajar bagi pedagang sampai berakhirnya sekolah pasar.

Pembukaan Sekolah Pasar Cokrokembang ini merupakan awal perjuangan untuk memajukan Pasar Cokrokembang dan meningkatkan kesejahteraan para pedagang di dalamnya. Antusiasme yang terlihat dari pedagang pada acara pembukaan ini diharapkan akan terus berlanjut hingga akhir periode Sekolah Pasar Cokrokembang.