Lembaran Baru di Pasar Grabag

DSC03059

Lembaran Baru di Pasar Grabag

ditulis oleh Rindu Sanubari Mashita Firdaus

Berangkat dari Pustek pukul 06.30: mas Anto, Lily, dan Rindu. Perjalanan ditempuh dalam waktu 2.5 jam yang diselingi sarapan dulu di sop ayam Pak Min. Waktu sampai di Pasar Grabag, ternyata ada perbedaan waktu undangan pertemuan. Pihak pedagang menerima undangan kumpul untuk pukul 11.00 sedangkan pihak Sekolah Pasar menerima undangan untuk pukul 09.30. Walaupun sempat terjadi perbedaan waktu undangan, acara tetap dimulai dengan lancar pada pukul 10.30.

Agenda pertemuan hari ini yaitu rencana pembentukan koperasi, pembahasan ulang struktur koperasi yang sudah dibentuk (karena ternyata ada yang belum setuju) dan rencana pelaksanaan pembentukan koperasi yang nanti disesuaikan dengan kebutuhan pedagang Pasar Grabag sendiri.

Setelah mendapat briefing perkembangan koperasi dari murid Sopas, tempat diserahkan kepada Lily sebagai pembicara. Terdapat beberapa kendala teknis yaitu kurangnya kesiapan sarana dan prasarana diskusi yaitu papan tulis dan alat tulis berupa spidol.

Kendala teknis kecil sudah dapat diatasi dan setelah itu diskusi berjalan lancar dan aktif. Sangat terlihat bahwa para pedagang menaruh perhatian yang sangat besar terhadap proses pembentukan struktur koperasi Pasar Grabag.

Nasihat Pak Pangat untuk para pedagang terkait kepengurusan koperasi, bahwa koperasi nantinya untuk kebaikan para pedagang sendiri sehingga para pedagang harus perhatian dan berperan aktif dalam proses pembentukan maupun nanti setelah koperasi terbentuk.

DSC03059

Setelah diskusi panjang akhirnya diputuskan bahwa pemilihan ketua dilakukan dengan pemilihan suara. Setelah melalui pemilihan suara, Pak Pangat terpilih sebagai ketua koperasi Pasar Grabag. Setelah ketua koperasi terpilih, pemilihan para pengurus dipimpin oleh Pak Pangat sebagai ketua terpilih dengan cara tukar dan dengar pendapat dengan para pedagang. 

Struktur Kepengurusan Koperasi Pasar Grabag 2013

Pelindung: Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Purworejo.
Pengawas: Buntoro dan Poniran
Ketua: Supangat
Wakil Ketua: Ning Mulyono
Sekretaris 1: Sri Slamet
Sekretaris 2: Warni
Bendahara 1: Sri Leyeh
Bendahara 2: Ismail
Bidang Keanggotaan: Patah dan Samingan
Bidang Simpan Pinjam: Sri Mulyati, Jinny, dan Sunarni
Pembantu Umum: Edi Tawakal.

Setelah proses hampir satu tahun, akhirnya tercapailah kesepakatan dari para pedagang yang kemudian dirumuskan pada pagi hingga siang hari ini.

Agenda pertama setelah kepengurusan terbentuk yaitu menentukan iuran anggota dan dewan-dewan lainnya antara lain:

  1. Tempat/base camp untuk kegiatan koperasi.
  2. Batas maksimal dan minimal untuk jumlah batas cicilan iuran.
  3. Nama koperasi Pasar Grabag yang diputuskan berjudul “Koperasi Sido Rukun”.
  4. Rencana pelaksanaan rapat pengurus untuk menyusun AD/ART yang paling utamanya juga untuk mengatur besaran pinjaman modal untuk para anggota dan mekanisme perputaran modal.

 Mas Anto menyampaikan pendapat dan gambaran tentang jatuh bangunnya koperasi bahwa biasanya salah satu sebab terhentinya  perkembangan koperasi adalah minimnya intensitas pertemuan rutin. Penjelasan lainnya adalah berdasarkan pengalaman kranggan yiatu  pentingnya data base anggota untuk track record aliran modal.

 Sekian.

Pasar Grabag, Senin Pahing, 13 Mei 2013
Rindu Sanubari Mashita Firdaus