Kumpulan Koperasi Pasar Cokrokembang

DSC03123

Kumpulan Koperasi Pasar Cokrokembang

ditulis oleh Abdul Aziz Adi Putra

10.30 WIB tim brangkat dari pustek menuju klaten pasar cokro kembang. Makhluk yang berangkat hari ini menyerupai Aziz, Abidah, Anto, dan Fajar. Perjalanan begitu sepi hanya terdengar suara klakson dari mobil-mobil di jalan raya yang saling bersahutan.

11.49 WIB kami nyampe di Pasar Cokro dan tentunya langsung saja mampir untuk mengisi perut yang belum terisi. Alternatif yang ada tentunya MIESO yang terdekat dan lumayan enak.

12.30 WIB. Kita masuk pasar, alangkah senangnya kedatangan kami di sambut dengan ramahnya oleh pedagang setempat dengan jabat tangan dan senyuman yang ramah.

13.02 WIB kami dan pedagang bahu membahu mempersiapkan untuk pertemuan koperasi hari ini, dari karpet dan konsumsi tentunya, meski alakadarnya.

Sebelum acara pertemuan anggota koperasi di mulai, salah satu pengurus koperasi (juga kepala sekolah pasar) berkonsultasi dengan Abidah Mahjati tentang pencatatan uang masuk dan keluar. Dan bagaimana cara menghitung dan mengetahui keuntungan dan kerugian dari koperasi.

 IMG_20130514_133138

13.35 WIB anggota koperasi satu per satu mulai berkumpul. Sebelum acara utama di mulai anggota koperasi pertama tama melakukan penyetoran uang dan pencatatan (yang di lakukan oleh pengurus, Bu Titik) baik itu dari uang tabungan dan uang setoran peminjaman. Dan di lanjutkan dengan perbincangan pedagang mengenai keberlanjutan koperasi untuk kedepannya.

13.54 WIB acara utama dibuka oleh Pak Sulis selaku ketua Koperasi Maju Lancar Pasar Cokrokembang. Pertama, Pak Sulis menyampaikan pesan yg diamanatkan kepada beliau oleh  Pak Bibit untuk kemajuan kopas. Dan disambung dengan pesan dari bapak ketua kopas yang isinya: konsekuensi yang harus selalu dijaga oleh anggota kopas ketika melakukan peminjaman terhadap Kopas Cokrokembang. Kemudian dilanjutkan lagi tutur kata dari kami:

1. Fajar : tentang keberhasilan Kopas Cokrokembang

2. Abidah: perlunya saling menjaga dan memajukan kopas, sehingga menuju harapan dan tujuan yang di ingginkan bersama.

14.06 WIB. Laporan keuangan koperasi oleh bendahara, Bu Titik. Yg berisi:

Saldo bulan sebelumnya sekitar 2 juta, saldo akhir bulan ini sekitar 5 juta. Dan kesepakatan bendahara uang yang bisa d keluarkan oleh koprasi bulan ini adalah 3 juta. Dan pemberitahuan bahwa ada penambahan 1 anggota baru.

Kemudian di lanjutkan dengan kesepakatan bersama bahwa setiap anggota kopas yang ingin melakukan peminjaman uang di harapkan untuk hadir ketika di adakan rapat anggota setiap 1 bulan sekali ini dikarenakan dipandang perlu untuk penyerahan tanda bukti peminjaman dan penerimaan (tanda tangan).

DSC03123

14.35 WIB acara ditutup akan tetapi dilanjutkan dengan curhatan penggurus kopas. Mengenai tanggung jawab pengurus terhadap pekerjaan masing masing individu. Acara hari ini ternyata bertepatan dengan ulang tahun Fajar yang kemudian kita eksekusi bersama-sama di pasar. Selamat ulang tahun, Bung!

DSC03129

15.26 WIB perjalanan ke Jogyakarta…… amien….. akhirnya sampai tujuan.

Selasa, 14 Mei 2013
Abdul Aziz Adi Putra