Koperasi Pasar Grabag dan Naik Kapal

g (5)

Koperasi Pasar Grabag dan Naik Kapal

oleh Dyah Sekar Sri Panuluh

Berangkat dari Pustek pukul 08.54 dan personil yang berangkat adalah Mas Anto, Lily, Rindu, Fifi, Sekar, Ryan, dan  Aziz. Jalanan rame, berhenti untuk makan di RM. Prima Rasa. Makan tongseng 3, bebek 2, ayam 3. Ternyata mereka doyan makan semua :p Jalan lagi pukul 10.09, acara mulai pukul 11.00.

Sampai di Pasar Grabag pukul 11.30. Mampir di kios Bu Tini, acara belum mulai. Mas Anto dan Ryan pesen kopi pahit, yang lain es jeruk. Yang kamera besar dipakai foto dokumenter. Yang kamera pocket dipakai untuk video dokumentasi.

Acara “Peresmian Koperasi Sido Rukun” dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan susunan pembukaan, prakata oleh Ketua Koperasi Pasar Grabag, prakata oleh Sekolah Pasar Rakyat, prakata oleh Disperindakop, seremoni peresmian, diskusi, dan penutup serta hiburan dari kelompok rebana Nurul Khasanah yang terdiri dari ibu dan mbak pedagang Pasar Grabag. Acara dihadiri oleh jajaran koperasi dan pengurusnya.

g (5)

Pak Pangat selaku ketua Koperasi Pasar Grabag menyampaikan rasa senang dengan terbentuknya koperasi di Pasar Grabag. Pak Pangat juga mengajak seluruh pedagang untuk menjadi anggota dan mengingatkan agar koperasi ini dijaga bersama. Pak Pangat juga menyampaikan bahwa di Pasar Grabag juga baru saja terbentuk kelompok rebana “Nurul Khasanah” yang digawangi oleh ibu dan mbak pedagang. Pak Pangat juga mengajak anggota Tim Sekolah Pasar Rakyat di Pasar Grabag untuk sekaligus menjadi anggota koperasi.

g (1)

Mas Ryan sebagai perwakilan dari Sekolah Pasar Rakyat memberikan komitmen bahwa Sekolah Pasar Rakyat akan terus hadir untuk mengawal koperasi bersama paguyuban pedagang, disperindagkop, dan seluruh anggota koperasi. Tak lupa yel-yel Sekolah Pasar Grabag dipekikkan kembali sebagai penyemangat. Pasar Grabag! Kepeiye uripe tetep sumringah. Yes..yes..yes..

Disperindagkop Purworejo yang turut hadir memberikan apresiasi dengan pembentukan koperasi di Pasar Grabag serta memberikan komitmen untuk mendukung pengembangan koperasi.

Mbak Lily, anggota tim Sekolah Pasar Rakyat juga memberikan semangat kepada pedagang.

g (4)

 

Seremoni peresmian Koperasi Pasar Grabag dilakukan dengan pemotongan pita oleh pedagang dan dinas. Acara ditutup dengan penampilan dari kelompok rebana Nurul Khasanah.

DSC00358

Seusai acara, seperti biasa kami ngobrol-ngobrol dulu dengan para pengurus koperasi. Akhirnya kami pun pamit untuk pulang. Seperti biasa juga, setumpuk oleh-oleh sudah disiapkan oleh pedagang. Katanya sih untuk cemilan selama perjalanan. Namun faktanya kami butuh dua hari untuk bisa menuntaskan tugas menghabiskan oleh-oleh itu.

g (2)

Dalam perjalanan pulang, kami mampir ke pantai untuk sedikit berwisata. Jalan-jalan dan naik perahu. Heboh dan histeris saat naik perahu, padahal juga ga ada apa-apa :p

g (3)

Sekitar Maghrib sampailah kami sampai di Pustek. Istirahat sebentar kemudian melanjutkan agenda menghadiri undangan diskusi di kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kamis Kliwon, 20 Juni 2013
Dyah Sekar Sri Panuluh